Senin, 09 Februari 2015

Sejarah : Tragedi Munich 1958



Tanggal 6 Februari 1958 merupakan tanggal kelam bagi seluruh Fans Manchester United diseluruh dunia. Karena tepat dihari itu beberapa pemain terbaik musim 1957/1958 yang diberi julukan "The Busby Babes" tewas dalam kecelakaan pesawat di Bandara Munich-Riem, Munchen, Jerman.

Kejadian.
Bermula saat Tim Busby Babes kembali ke Inggris setelah melakukan Pertandingan Vs Red Star Belgrade (Slovakia) di Piala Champions. Pemain terbang ke Inggris Menggunakan Pesawat Airspeed Ambassador milik penerbangan Britihs Europan Airways (BEA).


Untuk sampai ke Inggris Pesawat harus mengisi Bahan Bakar agar sampai ketujuan. Maka dipilihlah Bandara Munich-Riem dikota Munchen. Setelah Selesai mengisi Bahan Bakar Pilot 'James Thain' dan Ko-Pilot 'Kenneth Rayment' mencoba Lepas Landas 2 kali namun gagal, karena bermasalah dimesin. Karena Jadwal padat Sang Kapten menolak untuk menginap di Munchen dan memilih Lepas Landas untuk 3 kalinya.
Untuk Lepas Landas ke 3 salju mulai turun dan menyembakan lintasan berlumpur. Ketika menyentuh lumpur pesawat hilang kendali dan menabrak Pagar dan berhenti setelah menabrak Rumah warga. Percikan api langsung menyambar Tanki Minyak yang baru terisi dan menyebabkan menyala api yang luar biasa besar.


Setelah itu kapten Thain langsung menyuruh semua penumpang menghindar dari pesawat yang mau meledak, Namun tidak dengan Kiper Harry Gregg, dia langsung mendekati pesawat dan menolong rekannya yang masih terjebak didalam pesawat.Orang pertama yang ditolong Gregg adalah 'Bert Whalley' Salah satu staff Manutd namun sayangnya Bert sudah tewas. Harry kembali menunjukan sikap kepahlawanannya setelah berhasil menolong Bobby Charlton dan Denis Viollet.
Pilot 'James Thain' Kembali berteriak kepada Harry untuk menjauh dari pesawat yang mau meledak tersebut. "Lari Tolol !!! Pesawat ini akan segera meledak" ucap Pilot sambil menolong Ko-Pilot Rayment yang masih tejepit., Namun tetap dihiraukan oleh Gregg!!


The Hero Of Munich "Harry Gregg"
Karena keberaniannya Harry Gregg dijuluki "Hero Of Munich"

"Aku mencoba menemukan temanku Blanchy, ternyata dia masih hidup namun keadaanya sangat parah, Lengannya nyaris putus. Disebelahnya (Blanchy) kutemukan Roger Byrne (Kapten) yang sudah tidak bernyawa.

"Aku berteriak minta tolong kemudian Charlton dan Viollet berdiri, kutemukan Sir Matt Busby terbaring diluar pesawat dengan kaki terjepit" Ucap Harry Gregg


Kejadian Itu merengut 21 Jiwa dari 44 penumpang dalam pesawat tersebut.

Kru Pesawat

Kennenth Rayment [ Co-Pilot] (3 Minggu Kemudian Meninggal karena Geger Otak)
Tom Cable [Pramugara]
Pemain Manchester United

Geoff Bent
Roger Byrne
Eddie Colman
Mark Jones
David Pegg
Tommy Taylor 
Liam Whelan 
Duncan Edawards (15 Hari Kemudian Meninngal)
Staff Manchester United

Walter Crickmer [Sekretaris Klub]
Tom Curry [Trainer]
Bert Whalley [Staff Kepelatihan]
Penumpang Lain

Bela Miklos [Agen Perjalanan]
Willy Satinoff [Fans/Kerabat Sir Matt Busby]

#FlowerOfManchester

Tidak ada komentar:

Posting Komentar